Skip to content

About

Arief Yudhanto | Blog ini secara umum berisi artikel dan berita mengenai bahan komposit (teori, teknologi komposit) khususnya untuk aplikasi pada struktur pesawat terbang dan wahana luar angkasa (satelit, pesawat ulang alik). Tulisan dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Berita dari koran online dan video dari YouTube juga diteruskan di blog ini. Tema-tema yang diunggah antara lain:

  • serat, matriks, komposit
  • manufaktur komposit
  • perilaku tekuk dan kerut panel sandwich
  • kegagalan bahan komposit beserta teori-teori prediksi kegagalan yang berkembang saat ini
  • simulasi metode elemen hingga untuk komposit
  • mikromekanika
  • aplikasi komposit pada struktur pada alat transportasi (pesawat terbang, kereta api, kapal laut, otomotif, sepeda)
  • teori homogenisasi
  • uji mekanik dan lingkungan
  • kerusakan akibat beban lelah pada komposit
  • komposit tekstil (kain, anyaman polos, tanpa lekuk)
  • komposit jahit dan komposit 3-D lainnya
  • perangkat lunak untuk analisis komposit
  • dan lain-lain

Kontak lewat email: arief_gn[at]yahoo.com

9 Comments leave one →
  1. Gadang permalink
    03/30/2007 8:27 AM

    Mas Arief Yudhanto, saya ingin tahu informasi perkembangan metal matrix composite untuk komponen otomotif,apakah sudah sejauh mana di negara Indonesia.
    Trims…

  2. 04/16/2007 8:18 AM

    Bapak/ibu Yth
    silakan kunjungi website kami di http://www.kantor-kita.co.nr jika Bapak/Ibu ingin melihat advanced composite product. Website kami belum sempurna memang, tapi gambaran umum tentang kami setidaknya dapat ditemui di halaman pertama.
    thank’s to all and mas arief tentunya.

    salam

    ike

  3. Sigit Sugiarto permalink
    12/28/2007 8:16 AM

    Assalaamu alaikum Wr Wb
    Kepada Yth pengasuh Blog Indonesian Composite Community
    NAma saya Sigit Sugiarto dari PT INKA Madiun. Saat ini saya sedang intensive melakukan riset untuk body kendaraan ringan yang menggunakan komposit sebagai mateial. Dalam hal ini kami memposisikan komosit adalah sebagai secondary structure. Kami menyadari bahwa referensi terhadap hal ini masih sangat kurang. Setidaknya bagi kami saat ini perlu develop untuk material, proses dan FEM.
    Untuk beberapa sampel produk kami sudah pernah aplikasi dengan kombinasi laminasi dan vacuum basah. BAhkan untuk produk kereta pun kami sudah aplikasi. Tetapi matrik kami masih pakai polyester, glas fiber dan core PVC foam sebagai core (structure sandwich).
    Kami ingin sekali melakukan diskusi-diskusi dengan Bapak-Bapak.

    Hormat kami

    Sigit S

  4. palka adripta permalink
    04/04/2008 9:54 AM

    selamat sore mas arief

    bertemu lagi dimilis yang berbeda.Mas arief saya sekarang banyak mengerjakan subsea pipeline.dimana bermaterial carbon steel rata2.Dengan material tersebut proses pnyambungan ,cathodic protection dan coating tidak terlalu sulit.ckup menggunkan bracelet anodes dicoating dgn 3layer polyuretane dan diconcerete.yang ingin saya tanyakanseandaianya material composit diterapkan disubsea apa metode penyambungan yg efektif dan murah

  5. dawam abdullah permalink
    04/08/2008 4:01 AM

    Hallo mas arif yudhanto, dan teman semuanya.
    Kebetulan saya juga bekerja dibidang komposit dan sejenisnya, tepatnya di lab uji polimer LIPI. Untuk riset terakhir banyak berkaitan dengan natural fiber reinforced composite. Untuk blog ini baru tahu, dan tak tahunya tuan rumahnya mas arif yudhanto, kakak kelas di itb dulu. Oh ya, sebagai harapan kedepan “kita” masyarakat komposit bisa saling bekerja sama lebih padu dalam kegiatan2 profesi bersama.

    terimakasih

  6. feri ahsyanu permalink
    04/16/2009 1:06 AM

    apakah bahan composite mampu menahan beban impact dan abrasi hingga 240 ton,dan jika bisa saya minta artikel yang menjelaskan tentang hal itu

  7. 03/24/2010 6:35 AM

    Mohon maaf kepada pengunjung karena vakumnya blog ini lebih dari 1 tahun. Mudah-mudahan blog ini bisa diaktifkan kembali … silakan kirimkan artike ke saya jika ingin mengupload file atau dokumen yg berhubungan dengan komposit. Thanks.

    1. Apakah ada mekanisme membership (tanpa harus menjadi kontributor) di Indonesian Composite Community? [Imas]

    Sementara ini tidak ada membership. Siapa saja bisa berkontribusi dalam blog ini. Silakan kirim email ke saya.

    2. Perkembangan metal matrix composite untuk komponen otomotif. Sudah sejauh mana di negara Indonesia? [Gadang]
    3. Body kendaraan yg ringan yang menggunakan komposit sebagai material [Sigit, PT INKA]
    4. Standard ASTM untuk uji fracture komposit dg matrik poliester [Andreas]
    5. Bahan composite mampu menahan beban impact dan abrasi hingga 240 ton [Feri]

    • Tatang hermawan permalink
      04/03/2013 2:53 PM

      pengalaman saya dan sampai saat ini masih menekuni bidang composite,pengalaman di industri pesawat terbang 24 th sejak th 1982 s/d 2006, mulai dari pembuatan tool master model,bonding assy jig,atau moulding,dan pembuatan part yang diperlukan.al pembuatan baling 2 dari bahan serat carbon dan aramid,sebagai perekat nya epoxy resin ,interior pesawat dg finish decorative veneer

  8. 08/10/2014 3:06 PM

    tolong pembahasan tentang kegagalan bahan komposit saat uji tarik dan jenis patahan beserta teori-teori prediksi kegagalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: