Skip to content

Don’t Panic with Mechanics

02/12/2012
by

Statika atau Statik adalah mata kuliah yang diberikan di teknik sipil, teknik mesin, teknik penerbangan atau teknik industri pada tahun ke-2. Mata kuliah ini memberikan dasar, teori dan teknik untuk menghitung gaya-gaya, defleksi (lendutan) dan sudut lendutan pada suatu benda (misal: batang kantilever) dan struktur (misal: struktur truss). Statika pada dasarnya telah dipelajari pada mata pelajaran fisika, khususnya mekanika, baik di SMA maupun di tingkat pertama S1. Statika sebenarnya merupakan bagian  dari Mekanika Teknik.

Dapat dipahami bahwa sebagian mahasiswa kesulitan dengan statika. Satu resep yang selalu diberikan agar dapat menguasai Statika adalah rajin mengerjakan soal. Ini kurang tepat. Sebelum mengerjakan soal, seseorang harus menguasai dulu konsep-konsepnya. Sayangnya, konsep-konsep di buku kadang tidak dijelaskan dengan baik. Baik karena alih bahasa yang kurang baik, ilustrasi yang terlalu kompleks, rumus penurunan yang kurang rinci. Intinya, buku yang kurang jelas akan membuat konsep-konsep statika jadi tidak jelas pula. Belum lagi diperburuk oleh dosen yang kurang pandai mengajar (terlalu banyak materi, kurang komunikatif, kurang pandai bercerita). Ini tidak membuat mahasiswa rajin. Oleh sebab itu, memilih buku yang tepat adalah awal dalam penguasaan statika. Selanjutnya, baru penguasaan konsep dan pengerjaan soal. Jangan mengandalkan dosen dalam memberikan pencerahan mengenai subyek-subyek dalam statika. Belajarlah memahami suatu topik dengan pengertian sendiri. Jika kurang jelas, bertanyalah kepada kawan yang lebih bisa, atau dosen di ruangannya. Jadi lebih intensif.

Saya pernah menemui dosen yang begini: tidak mampu menjelaskan teorema matematika dengan bahasa yang sederhana, yang mudah ditangkap oleh mahasiswa. Ketika diminta menjelaskan soal angka rata-rata, sang dosen membuat perhitungan angka rata-rata jadi tambah kabur. Biasanya hal itu diwarnai dengan rumus-rumus yang kompleks. Rumus kompleks boleh diberikan, tetapi setelah menyampaikan intisari suatu topik. Di sebelah kanan, seorang ibu mengatakan: “Kenapa kamu tidak mengatakan kepada anak itu bahwa kamu sedang ngomongin angka rata-rata (mittelwert)?!”

Intinya: dalam kuliah Statika, seseorang harus mengerti prinsipnya terlebih dahulu dulu (dengan matematika yang sederhana). Kemudian dilanjutkan dengan prosedur pengerjaan, dan berlatih mengerjakan soal.

Satu buku yang unik dan berisi statika, mekanika bahan dan dinamika berjudul Don’t Panic with Mechanics. Isinya lengkap, tidak terlalu banyak rumus, banyak kartunnya. Buku ini ditulis dua ilmuwan Jerman, Romberg dan Heinrichs. Bukunya masih fase eksperimental, mereka bilang. Dalam pengantarnya (yang relaks dan lucu), Dr Heinrichs mengatakan bahwa rekannya Dr Romberg adalah seorang yang mudah akrab (sociable), lucu namun pendek. Dr Romberg tak mampu membalas “pujian” itu jadi ia hanya mengatakan bahwa Dr Heinrichs adalah ilmuwan yang unggul namun membosankan.

Bagi yang berprofesi sebagai dosen, bisa membaca buku ini dan memasukkan kartun-kartunnya ke dalam slide yang dipakai. Bagi mereka yang sedang mengambil kuliah Statika atau Mektek cobalah baca buku ini. Ada banyak contoh soal di bagian akhir; supaya lebih mengerti prinsip-prinsipnya.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: