Skip to content

Sekilas tentang bahan komposit

08/17/2006
by

Komposit didefinisikan sebagai gabungan serat-serat dan resin. Penggabungannya sangat beragam; fiber ada yang diatur memanjang (unidirectional composites), ada yang dipotong-potong lalu dicampur secara acak (random fibers), ada yang dianyam silang lalu dicelupkan dalam resin (fabrics atau woven), ada pula yang campuran beberapa macam serat (hybrid) dan lainnya.

Serat yang dipakai di industri pesawat terbang biasanya terbuat dari karbon dan gelas, sedangkan resinnya adalah epoxy, sejenis polimer. Tebal lamina untuk komposit serat karbon adalah 0.125 mm. Komposit karbon/epoxy ini dibuat dari pre-impregnation ply atau pre-preg, kemudian dimasukkan ke dalam oven bertekanan yang disebut autoclave. Komposit memiliki sifat mekanik yang lebih bagus dari logam; kekakuan jenis (modulus Young/density) dan kekuatan jenisnya lebih tinggi dari logam.

Lembaran komposit yang diproduksi dengan mesin bertekanan (autoclave) disebut sebagai laminae. Sejumlah laminae dapat ditumpuk dengan arah orientasi serat yang berbeda. Gabungan lamina ini disebut sebagai laminate.

Comments are closed.

%d bloggers like this: